Wawancara: Hafiz Noya Prasetyo

Halo, di posting kategori Wawancara pertama kali untuk komunitas ini mewawancarai salah satu anggota yang memiliki bakat menggambar. Ternyata tanggal kelahiran teman kita ini pertepatan sehari sebelum komunitas DISC di bentuk. Yuk mari kita kenal lebih dekat…

Bisa tolong kenalkan siapa Anda?
Hafiz Noya Prasetyo. Asal Surabaya, besar di Sidoarjo. Lahir pada 4 April 1998. Anak kedua dari 2 bersaudara. Pelajar di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Rencana mau lanjut kuliah DKV, dan masih bingung kemana. Hobby corat-coret semua yang berhubungan dengan visual dan teknologi.
Tahun 2015 ini alhamdulillah banyak momen ajaib yang tak pernah saya alami sebelumnya. Seperti Juara 5 di BBM Sticker Challenge, kemudian Juara 4 di Kreavi Challenge Surabaya City of Heroes, bertepatan dengan hari pahlawan dan menggambarkannya dalam berupa poster. Reward berupa nominal, trophy dari PemKot Surabaya, plus dinner bersama Bu Risma bersama Ke-sepuluh finalis, Tim Kreavi, dan orang-orang keren lainnya. Misal Yansen Kamto, dll.

Kesibukan apa yang sedang di pelajari?
Untuk sekarang lebih mendalami dunia digital painting dan ilustrasi, untuk vector tetap jalan, tapi porsinya lebih sedikit. Jadi niat ku tiap hari paling enggak aku doodle manual atau digital. Buat mengisi waktu, juga secara tidak langsung mengasah skill ku. Dunia video, sebagai visual fx. Animasi, after effect, animasi ini lebih aku fokuskan ke animasi karakter. Belajar bisnis juga 😀 belajar komunikasi yang lebih baik.

Bagaimana cara Anda menemukan passion?
Cari apa yang benar-benar disukai. Tanpa suruhan, maupun paksaan dan lakukan hal tersebut dengan sungguh-sungguh. Niati untuk jadi lebih maju, dan bukan karena uang. Materi itu bonus. Karena diluar sana banyak sekali orang-orang keren yang BISA dan sukses. Cari orang-orang yang sebidang untuk sharing dan nggak ada gunanya terus mengeluh, karena itu hal yang bikin diri tidak maju :) plus jangan gunakan kekurangan apapun sebagai alasan buat maju. Gunakan tiap momen free untuk belajar apa yang belum kita tahu. Media bisa “lewat apa saja”. Tetap semangat!

Saat semangat sedang turun, apa yang sebaiknya di lakukan untuk menambah semangat?
Ada dua. Bisa kemungkinan diri lagi butuh istirahat atau kurang bahan peninggi mood tadi.
Misal, belajar terus-terusan tidak istirahat malah tidak baik. Otak juga jenuh, lama-lama bosan, malas, stuck, buyar. Hapus project tadi 😀 ada? ADA. Kalau sudah begitu berarti kita butuh istirahat sejenak, cari udara segar, nikmatin sekitar. Bisa saja disekitar kita itu banyak sekali inspirasi tak terduga untuk kita.
Kurang peninggi mood. Oke. Siapa aja nih tidak bisa dipungkiri, semua butuh ini. Mungkin kita ada yang jenis suka dengerin musik tertentu biar tambah semangat, atau suka kerja di tempat terbuka, sambil ngemil, ngopi atau kerja rame-rame bareng teman atau pacar 😀 banyak banget untuk hal ini, itu saja sih. Kalau aku sendiri untuk benar-benar fokus, perlu tempat lingkungan yang hening, bukan “sepi”, ditambah musik plus cemilan 😀 masalah tempat, aku bisa dimana saja.

Saran apa yang bisa diberikan untuk komunitas dan teman-teman yang lain ke depannya?
Ya tetap semangat aja. Saling nyemangatin, share apa yang perlu kita share. Lakukan fokus kita ke bidang apa. Jangan mengeluh. Jujur, untuk komunitas setingkat SMA, wajar masih butuh banyak belajar dari luar, aku pun juga begitu. Kembali ke diri masing-masing 😀


Share This